Posted by : Diyon Prayudi Kamis, 24 September 2015

Cita-cita merupakan keinginan dan harapan yang ingin diwujudkan bagi siapa saja yang memilikinya. Pemiliknya? Lalu siapa yang memiliki cita-cita tersebut?

Semua orang hidup di dunia ini tentunya memiliki tujuan hidup, dan dari kehidupan itu memiliki keinginan dan harapan, dan keinginan serta harapan tersebut mereka gantungkan setinggi mungkin agar kelak dapat mereka raih dengan semangat dan perjuangan, dan itulah cita-cita.

Anda pernah memikirkan kapan sih cita-cita itu lahir? Atau karena apa sih cita-cita itu bisa hadir dalam hasrat dan keinginan anda? Saya pikir kita telah memiliki cita-cita sejak kita masih kecil. Sejak kita hidup di dunia ini kita telah memiliki cita-cita.

Anda tidak percaya? Anda pernah SD? Pernahkah terbesit bahwa cita-cita anda lahir sejak sekolah dasar. Anda tidak peraya? Coba bayangkan masa kecil anda ketika anda duduk di bangku sekolah dasar dan kemudian Ibu/Bapak guru menanyakan apa yang menjadi keinginan anda di masa depan? Anda pernah mengalaminya? Saya yakin kita semua pasti pernah mengalaminya.

Berikut adalah cita-cita yang menjadi kegemaran ketika masih sekolah dasar:

1.      Dokter
Menjadi seorang dokter merupakan cita-cita yang banyak digemari anak-anak. Entah dengan alasan apa dan mengapa, menjadi dokter merupakan cita-cita anak semasa sekolah dasar. Cita-cita menjadi dokter seringkali terlontar oleh seorang anak kecil ketika ditanya oleh orang dewasa tentang cita-citanya. Misal, ketika Ibu/Bapak guru menanyakan cita-cita kepada muridnya ketika pertamakali sekolah.

2.      Insinyur
Menjadi seorang Insinyur merupakan cita-cita yang langka sekali jika kita berbicara di tahun 2014. Namun, pernahkah anda mengingatnya ketika sekolah dasar kisaran tahun 90-an? Ternyata cita-cita menjadi Insinyur ini begitu laris di tahun 90-an dan masih banyak digemari oleh anak sekolah dasar ketika ditanya oleh Ibu/Bapak guru tentang cita-cita mereka.

3.      Pilot
Menjadi seorang pilot merupakan cita-cita dengan alasan yang sedikit lucu. Kok lucu sih? Memang lucu karena ketika kita menanyakan kepada anak kecil tentang cita-cita itu, beragam jawaban yang terlontar oleh anak-anak tersebut seperti ini: saya ingin menjadi pilot karena ingin bisa terbang ke angkasa, atau saya ingin seperti B.J Habibie yang membuat pesawat terbang.

4.      Polisi
Polisi merupakan cita-cita yang banyak digemari anak-anak karena menurut mereka menjadi seorang polisi itu gagah dan keren dengan seragamnya. Kebanyakan anak-anak sekolah dasar ingin menjadi polisi karena mereka ingin menangkap pencuri dan melindungi ibu dari penjahat.

Demikianlah cita-cita yang sering terlontar oleh anak-anak kecil baik saat mereka sekolah dasar maupun belum bersekolah. Kebanyakan orang, cita-cita itu lahir di masa kecilnya atau ketika masa sekolah. Dan cita-cita itu tentunya harus diwujudkan dengan semangat dan perjuangan hingga kita bisa meraihnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Diyon Prayudi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -