Posted by : Diyon Prayudi Kamis, 24 September 2015

Alam merupakan titipan Tuhan yang seharusnya kita jaga dengan baik. Karena pada dasarnya manusia hidup bergantung kepada alam. Setiap kebaikan alam yang dimanfaatkan oleh manusia tentunya sangat berharga. Dengan kata lain, alam dan manusia hidup saling berdampingan.

Tuhan telah menciptakan alam dengan segala isinya untuk kebutuhan manusia di dunia. Dan secara tidak langsung manusia telah memanfaatkan alam untuk berlangsungnya kehidupan mereka. Seperti pohon-pohon dan bebatuan untuk rumah-rumah mereka, buah-buahan untuk makanan mereka, air sungai untuk minuman mereka, dan masih banyak lagi hingga zaman yang begitu modern ini.

Begitulah kehidupan alam dengan manusia selalu berdampingan. Di mana ilmu pengetahuan terus berkembang seiring zaman. Hingga kini tekhnologi semakin berkembang pesat dan peradaban manusia semakin berkembang.

Namun, tahu kah anda jika tekhnologi dalam perkembangannya justru cenderung memberikan dampak yang buruk. Seperti terjadinya bencana alam yang diakibatkan oleh tangan manusia itu sendiri.

Berikut adalah beberapa bencana alam yang disebabkan manusia. Baik yang dapat dirasakan secara langsung maupun dalam jangka panjang.

1.      BANJIR
Banjir adalah bencana alam yang terjadi akibat ulah tangan manusia. Di mana mereka tidak peduli terhadap lingkungan dan kelangsungan hidup yang aman dan nyaman. Kebiasaan buruk manusia yang membuang sampah sembarangan, tidak membersihkan selokan dan pekarangan, got di jalanan hingga saluran air mampet, ditambah lagi dengan mendirikan bangunan yang padat tidak beraturan seperti mendirikan bangunan di dekat sungai. Dan ketika musim hujan datang, banjir telah menjadi langganan. Seperti kota-kota besar yang ada di Jawa Barat saja misalnya, Karawang, Bandung, dan Bekasi yang termasuk kota pinggiran Jakarta. Kota-kota tersebut ketika musim hujan datang, banjir sudah menjadi hal yang lumrah. Belum lagi permasalahan banjir yang ada di kota Jakarta yang hingga kini tidak selesai-selesai. Malah semakin tahun semakin bertambah parah dengan kondisi kota yang penuh dengan sampah, penuh dengan bangunan liar, dan kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah di sungai namun tidak adanya penyelesaian.
 
2.      LONGSOR
Ribuan hektar hutan gundul akibat tangan manusia tanpa berdosa. Pohon-pohon yang seharusnya berfungsi untuk menyerap air hujan tidak lagi ada karena penebangan liar di mana-mana. Setiap tahunnya hutan gundul kian bertambah. Namun tidak adanya penanaman pohon kembali untuk mencegah terjadinya kerusakan alam yang pada akhirnya menimbulkan bencana alam berupa tanah longsor.

3.      PEMANASAN GLOBAL
Lagi-lagi tekhnologi memiliki peran utama dalam bencana alam yang dibuat oleh tangan manusia. Beriringnya ilmu pengetahuan yang terus berkembang telah banyak terciptanya produk-produk yang hingga pada akhirnya menimbulkan bencana alam seperti pemanasan global (Efek Rumah Kaca). Produk-produk hasil karya manusia yang akhirnya memicu pemanasan global adalah, freon (AC), perangkat elektronik seperti handphone, Tv, komputer dll, polusi pabrik, pesatnya dunia otomotif hingga banyaknya polusi kendaraan (gas buang), dan masih banyak lagi.


Demikianlah bencana alam yang terjadi akibat ulah tangan manusia. Sudah seharusnya dan sepatutnya manusia untuk mulai memikirkan masa depan alam ini. Dan menggunakan ilmu pengetahuan untuk kemajuan yang lebih positif.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Diyon Prayudi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -