Posted by : Diyon Prayudi Senin, 13 April 2015

Merdeka adalah suatu keadaan yang memiliki kebebasan untuk melakukan sesuatu berdasarkan keinginannya. Indonesia menyatakan kemerdekaannya atas penjajah pada 17 Agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta.

Jauh sebelum tanggal tersebut Indonesia merupakan negara jajahan kolonial, atau bahkan sepuluh tahun setelah tanggal itu pun Indonesia masih belum benar-benar merdeka. Karena bangsa Indonesia diakui oleh dunia sepuluh tahun setelah kemerdekaannya, itu pun oleh Palestina sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Memang perjalanan kemerdekaan Indonesia itu begitu panjang dan bertahap.

Namun, pernahkah kita sebagai kaum muda berpikir tentang kemerdekaan? Saya rasa, semua orang Indonesia pasti pernah berpikir tentang kemerdekaan. Tetapi belum semua orang Indonesia yang mau mengisi kemerdekaan itu sendiri. Sedangkan bangsa Indonesia adalah bangsa yang berkembang menuju bangsa yang maju. Lalu bagaimana cara mengisi kemerdekaan Indonesia?

Mengisi kemerdekaan Indonesia tentunya tidak harus berperang melawan penjajah seperti yang dilakukan para pahlawan kita dulu. Namun, mengisi kemerdekaan saat ini cukuplah dengan melakukan kegiatan yang positif dan membangun demi negeri tercinta.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk Indonesia, misalkan saja dalam dunia pendidikan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang terdidik dan bermoral. Mengisi kemerdekaan dengan pendidikan merupakan kegiatan yang sangat positif.

Dahulu para pahlawan kita berjuang dengan senjata dan nyawa, sekarang kita sebagai generasi muda sudah sepatutnya mengisi kemerdekaan dengan pendidikan agar menjadi bangsa yang pintar, dan tidak perlu lagi mengangkat senjata. Terlebih mengingat tentang pendidikan bangsa Indonesia di era penjajahan yang begitu sulit dan memilukan karena hanya anak orang kaya saja yang bisa bersekolah. Sedangkan di era modern ini semua orang bisa bersekolah. Dan mendapatkan hak yang sama.
Selain mengisi kemerdekaan dengan pendidikan sebaiknya kemerdekaan itu di isi juga dengan memperbaiki moral bangsa. Karena bangsa yang bermartabat adalah bangsa yang cerdas dan bermoral.

Dan sebagai generasi muda sudah seyogyanya kita melakukan yang terbaik demi Indonesia. Karena kita sebagai penerus bangsa adalah harapan untuk masa depan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Diyon Prayudi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -