Posted by : Diyon Prayudi Sabtu, 28 Juni 2014

Ngegenjot
oleh
Sandal Jepit edisi Ramadhan

Marhaban ya syahru ramadhan. Marhaban ya syahru syiami. Ramadhan kembali menyapa kita semua dengan suka cita dan penuh kegembiraan. Bulan suci yang begitu mulia dan sepatutnya kita sebagai umat Nabi Muhammad saw juga memuliakan datangnya ramadhan dengan kebaikan-kebaikan, membenahi diri, menjaga lisan, menjaga hati, dan meningkatkan iman islam dan takwa kepada Allah swt. Dan kemudian sebaiknya kita semua sebagai umat Nabi Muhammad saw menyambut ramadhan dengan gembira dan semangat. Seperti kegembiraan dan semangat Unyil, Goden, dan Kimpul anak muda kota seberang yang tengah merindu kedatangan ramadhan sejak seminggu yang lalu.

"Akhirnya datang juga ye!" kata Unyil yang saat itu tiduran di pinggir danau. "Iye, kagak kerasa udah puasa lagi aja, perasanan baru ge kemaren ya kita maap-maapan" sahut Kimpul saat itu yang sedang sibuk pegang joran bambu. "Duh, pengen beud cepet lebaran jadinya", "Kenapa den?" tanya Kimpul. "Baru ge sehari puasa ini ge belon buka baru mau ashar" sahut Unyil yang kini mengambil jorannya dan melemparkan umpan ke danau. "Ya, kagak, biar cepet aje, kan enak kalo lebaran banyak nyang ngasih duit buat beli petasan" jawab Goden. "Haha, pikiran lu masih kaya bocah bae den" sahut Unyil dan Kimpul yang lagi asyik mancing di pinggir danau.

"Baru ge sehari, ini juga belon kelar, udah ngomongin lebaran ya Nyil", "Iye pul, ora danta pisan si Goden mah, baru ge kemaren habis munggahan, habis ngegenjot kerumah nenek bawa opor ikan ayam sama ikan bandeng", "Iye mangkanya itu Nyil, kemaren emangnya elu ngegenjot? Dikasih duit kagak sama nenek elu?", "Ah, sekarang udah kagak, kalo dulu sering beud kalo gue nganterin ngenjot suka dikasih duit, ceban ceban ge lumayan pan buat jajan, haha" sahut Unyil. "Lah, kalo elu pagimane tuh ngegenjot kemaren, emak elu bikin apa aje buat bawain kemaren?", "Ah, emak gue mah banyak masaknya.. Apa bae ge dimasak, jengkol, ikan ayam, bandeng, ikan emas, daging, sayur soun pake pete, ama buah-buahan, kagak kaya emak elu Nyil, palingan ikan ayam, daging sama sayur soun doang" sahut Kimpul. "Haha, idup itu harus sederhana pul, jangan diliat banyaknya tapi diliat ikhlas ama redonya, banyak tapi kagak ikhlas kagak redo mah pagimana coba? ya kan??" bantah Unyil. "Iya juga si, gue bawa banyak-banyak tapi kagak ada yang ngasih duit pisan, itu ge nenek gue ngasih ceban doang", "Haha, ya kan, liat dah tuh coba, mendingan gue dong, dikit tapi banyak duitnya, dapet ceban tiga" puas Unyil ketawa.

"Pada ngomongin apaan si?" tanya Goden yang sedang mengampiri mereka sambil membawa joran bambu. "Lah kagak, tidur ge di sono, mentang-mentang puasa pertama ge tidur bae ya Nyil", "Haha, Goden mah emang puasa, palingan ge puasa dia mah puasa kebo bule pul", "Apaan nyil kebo bule?" tanya Kimpul. "Lah, elu kagak tau pul kebo bule apaan? Busetdah kagak prele ni bocah, tibang kebo bule ge kagak tau", "Etdah beneran nyil, apaan si?" tanya Kimpul penasaran. "Iye si Goden mah palingan ge puasanya puasa kebo bule, alias pagi-pagi naek ke bale, mindo dah abis saur ge pas subuh", "Ebusetdah, puasanya kayak bocah genengan si Goden mah, haha" Kimpul ketawa. "Iya emang pul dia mah, gede di awak doang, haha" Unyil ngikutan ketawa. "Etdah nyang beneran lah elu nyil alo ngomong, itumah dulu sekarang mah ampe magrib ge kuat, ampe isa ge kuat gue mah kagak buka ge", "Apa den? ampe isa ge kuat? lah elu mah aliran syeh puji romannya ya" sahut Kimpul. "Iya dia mah emang gitu pul, suka rada-rada", "Iya nyil Goden mah ora danta ya, baru ge puasa sehari udah nanyain lebaran, sekarang bukanya ampe isa dia mah, haha", "Parah ya pul, awas lu diajak sesat ama dia, haha". "Yaelah cetom bae elu pada ah, awas gue mau duduk" Goden ngikut mancing juga dan melemparkan jorannya ke danau.

"Kemaren emang pada dapet berapa elu dari ngegenjot munggahan?" tanya Goden ke Kimpul dan Unyil. "Ceban doang den", "Iye, gue ge cuma ceban tiga doang den, payah ah". "Haha kasian beud, kaya gue dong ceban sepuluh", "Uheng dah, nyang bener lu?", "Iye den, nyang bener lu?". "Lah, pada kagak percaya, kemaren pas gue ngegenjot ke rumah nenek gue mah bawaannya banyak bener", "Emang bawaannya apa si?", "Iye apa si emang?". "Gue mah bawain ikan ayam, daging sampi, daging embe, daging bebek, bandeng, ikan emas, sayur soun, semur jengkol, buah-buahan ge banya kaya singkong, pisang, apel, jeruk, mangga, wah banyak bener dah ampe bawanya ge ribet, mangkanya pas pulang banyak yang ngasih duit, dari ncing gue ceban dua, nenek gue ceban empat, aki gue ceban tiga, sama nde gue ceban atu, banyak kan?", "Wah iya den banyak", "Iye enak bener dia mah nyil kagak kaya kita", " Ah kagak ah, elu doang kali pul, gue mah lumanyan dapet ceban tiga ge, haha" Unyil dan Goden ketawa. "Appesss, sue!" Kimpul tampang melas. "Eh Kimpul liat tuh joran elu ada yang narik-narik" kata Goden. "Tarik pul tarik, ikannya gede kali, itu tarikannya kenceng bener", "Iye nyil ini ge lagi gue tarik tapi keras beud", "Bantuin nyil bantuin!" teriak Goden. "Ayo pul gue bantuin tapi kalo dapet gede gue bagi ya, haha", "Etdah masih becanda bae, ntar kita goreng bareng-bareng buat buka, buru bantuin!" sekarang Kimpul dan Unyil lagi megang joran sambil narik-narik ikan. "Wah, gue mah liatin doang ah nunggu hasil, hehe" pikir Goden. "Atu...dua...tigaaaaa!!!" Unyil dan Kimpul berdua jatoh menindih Goden. "Etdah, geblek ni bocah ya gue ampe ketiban" kata Goden. "Wiiih, gede beud pul...", "Iye nyil gede beud, bisa buat buka bertiga inimah", "Bertiga si bertiga, ini awak gue pada sakit semua ni ketiban elu berdua" sahut Goden. "Haha, sukurin... Lagian bukannya ngebantuin, cuma nungguin doang, makanya ketiban" Unyil dan Kimpul ketawa puas.

Mereka bertiga kini pulang ke rumah karena senja sudah menyapa. Dengan membawa ikan yang besar mereka melangkah dengan riang. Menanti berbuka dengan ikan tangkapan yang besar bersama sahabat hingga mereka melaksanakan shalat tarawih bersama di masjid tercinta.

Nb: Ngegenjot itu bahasa betawi mereka yang mereka gunakan untuk munggahan sebelum berpuasa. Biasanya sebelum tarawih pertama dan sebelum buka puasa di hari terakhir ramadhan.

27 Juni 2014

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Diyon Prayudi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -