Posted by : Diyon Prayudi Rabu, 11 Mei 2016

05 Januari 2013
English Phonology
Journal
Hari pertama masuk kuliah English phonology yang diajar oleh Bapak Dedi Sulaeman, beliau adalah dosen dan juga Kepala Kejuruan kami di jurusan BSI. Beliau memberikan informasi mengenai hal apa saja yang akan kami bahas dan jalani pada semester 2 ini. Melalui syllabus yang beliau bacakan, kemudian jika ada ketidak setujuan dengan syllabus kami dapat merubah atau berdiskusi untuk kenyamanan dan kelancaran perkuliahan semester 2.
Beliau juga sebelumnya menanyakan kepada kami mengenai huruf vocal dan konsonan yang ada dalam Bahasa Sunda dan sebelum dia menjelaskan mengeneai pelajaran english phonology yang akan dia ajarkan kepada kami. Satu persatu sebagian dari kami menjawab pertanyaan dia, ada yang bilang 6, ada yang bilang 7, ada yang bilang 16, ada yang bilang 2, dan ternyata jawaban yang benar adalah 7 huruf vocal dalam bahasa sunda dan 24 untuk konsonan.
Kemudian beliau menjelaskan tentang matakuliah English phonology. English Phonology adalah matakuliah yang mempelajari tentang suara, kami selama satu semeseter ini, di semester 2 hanya akan membahas tentang suara, bagaimana cara mengucapkan bahasa inggris, dan perubahan-perubahan dengan bunyi yang seharunya. Bunyi yang terdengar sama tetapi tulisan yang berbeda dan juga artinya yang tentu berbeda juga itulah yang akan kami pelajari.

Belajar suara juga dapat di lakukan tidak hanya dalam bahasa inggris saja, tetapi dalam Bahasa Sunda, Bahasa arab, dan bahasa - bahasa lain juga sama, salah pengucapan suara maka akan salah arti dan itu sangat fatal. Beliau juga menjelaskan mengenai tugas-tugas yang akan kami kerjakan selama semester 2 ini, diantaranya tugas jurnal mingguan yang saya buat ini, UTS dan UAS, tugas membuat puisi dan jika memungkinkan di akhir semester puisi karya kami akan di jadikan sebagai pameran. Demikianlah laporan yang berbentuk jurnal pada pertemuan pertama di matakuliah English phonology ini.

Pertemuan 2
English Phonology
Journal
Pada pertemuan kedua ini kami di ajar oleh dosen Bpk.Teddy, beliau adalah dosen English Phonology juga selain Bpk.Dedi Sulaeman yang mengajar di kelas B. Beliau menjelaskan tentang Introduction Phonology, menjelaskan tentang perbedaan antara Phonology dan Phonetic yang selama ini menjadi salah satu kesalahfahaman mengenai kedua ilmu ini yang suka tertukar dalam pengertiannya.
Pengertian Phonology
Phonology is The Study of Sound System of Language. Phonology adalah bagaimana cara menyusun bunyi secara grammatical, jadi dalam phonology suara yang di hasilkan adalah hasil dari grammatical yang bunyinya di susun dengan baik.
Sedangkan Phonetic is The Study of Speech Sound. Berbeda dengan Phonology, Phonetic suara yang di hasilkan berdasarkan Non-Fungsional. Dalam hal ini berarti Phonetic tersusun dengan secara tidak Grammatical seperti Ilmu Phonology, Phonetic juga mempelajari bagaimana cara memproduksi bunyi saja.
Perbedaan antara Phonology dengan Phonetic
Phonetic itu Universal, dan berlaku untuk semua bahasa manusia.
Phonology itu Spesifik, Seperti bahasa Inggris, Arabic, Sunda, dan bahasa-bahasa lainnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Diyon Prayudi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -