Posted by : Diyon Prayudi Selasa, 18 November 2014

Semester Satu
oleh
Di Si Penulis

Hari ini team Ajag-Ujug kembali berpetualang lagi, biasa nyari makan gratis sambil silaturahmi sama teman kelas, sekarang ide dari si Om yang ngajakin makan bareng (ngeliwet) di kosan si Dede (haha modus kayanya kalo cuman buat ngeliwet doank, bukannya emang enggak pada punya uang lagi kan?). Jelas mereka enggak ada uang, si Abiee yang biasanya punya uang lebih juga lagi sekarat kantongnya alias sebentar lagi bakalan masuk museum pegadaian nyonya beruang (beruang bukannya hewan tapi orang yang punya uang, jangan salah baca awas!) Siapa lagi kalo bukan ibunya Abiee yang tiap bulan udah dijatahin uang buat bayar kost, buat makan sebulan, buat sama apalagi kalau ada keperluan mendadak, tapi tenang! Si Abiee kan suka nabung jadi dia suka memanage keuangannya sendiri. Emang bener juga dia kan suka nabung dari dia Sekolah Dasar, bahkan sebelum dia kenal bangku sekolahan (Jangan sombong yah Abiee, pertahankan itu dan jangan pelit apalagi pelit sama diri sendiri).

Lain Abiee, lain si Bapake dia emang lagi bingung dari awal dia agak ragu buat ikut acara, soalnya waktu Abiee, Om sama Ecep nungguin dia di kosan, dia lagi cari-cari alasan buat enggak ikut acara kali ini yang biasa Team Ajak –Ujug kerjain kalau mereka lagi ada waktu senggang yang setiap hari bosen makan tugas-tugas kuliah mereka, analysis lagi, Linguisticc lagi, yang kadang-kadang ngebosenin sekaligus ngangenin. Si Bapake lagi pusing gara-gara uangnya yang dipinjem di temennya enggak diganti, soalnya waktu di kosan dia sempet bilang “Biee kalian duluan ajjah kerumah si Dede, nanti gue nyusul deh“. Spontan Abiee agak kecewa sama Bapake, soalnya itu kan udah di rencanain dari empat hari sebelumnya, “Masa Bapake enggak ikut sih!” Abiee keliatan sedikit kesal yang bercampur marah bilang ke Om dan juga Ecep, “yaudah biee kita ajjah kesana duluan, mungkin nanti dia nyusul “Om yang memang suka jadi penengah di antara perselisihan mereka walaupun mereka baru ajjah mengenal satu sama lainnya. Kemudian mereka bertiga berangkat ke rumah tujuan mereka, alias mau nyari sebutir nasi yang membuat mereka agak bisa merem sedikit malam ini (hahah, kasian amat kalian!).

Waktu itu tepat pukul 19.00 lebih sedikit mereka masih di jalan ke tempat tujuan (pasti lama, soalnya mereka memang biasa kemana-mana ya, jalan kaki) tapi, mereka tetap semangat meskipun cuaca agak-agak sedikit gerimis (memang lagi musim hujan), mereka berjalan dengan semangat sambil ngobrolin apa ajjah yang bisa bikin ketawa, emang Abiee kerjaannya kalo masalah ini, yang sedikit ajaib kalo suasana lagi enggak mau ketawa, pasti temen-temennya dibikin ketawa juga kan….”haha gokiillMereka bertiga tertawa karena lagi ngobrolin si Cantik kesayangan Abiee, memang Abiee pernah dan lagi suka sama someone di kelas, makanya dia yang kena buli kalo lagi kumpul, beberapa meter sebelum mereka sampai ke tenpat si Dede, tiba-tiba si Om bilang mau nganterin barang dagangannya ke kosan dia dulu buat temennya produksi lagi buat esok hari jualan lagi (Emang si Om suka berbisinis, otak bisnis, dan selalu nyoba nyari jalan buat bisnis). Lumayan lah si Om hari ini jualan dapet untung banyak, ya meskipun dulu pernah tekor waktu dia ambil barang dagangannya habis tapi uangnya ga ada “cuma bisa mengeluskan dada yang lapang“ sabar ya Om, orang sabar disayang pacar haha. (Oops orang susah jangan suka ditertawakan sob..!!). Sebelum sampai akhirnya Om pisah sama Abiee dan juga Ecep, kemudian Abiee dan Ecep ajjah yang duluan ke tempat Dede, setelah tiba bayangan makanan yang enak dengan perut yang sudah bergoyang-goyang yang kaya orang mau pada demo di depan gedung DPR minta diturunin sembako ketika itu juga yang ada di dalam otaknya si Ecep (emang dia yang jarang makan, dari tadi pagi sampe sekarang dia belum ketemu sama nasi). Emang dia kurang doyan makan, Abiee kadang-kadang suka bingung sama kelaukan si Ecep yang enggak terlalu suka sama makan (soalnya Abiee paling jago makan, padahal badannya juga enggak gemuk-gemuk). “Assalamualaikum.. salam mereka berdua seperti orang bener yang mau bertamu, “Wa’alaikumsalam..” jawab Dede yang sudah menunggu mereka dari tadi. Memang mereka juga sebelumnya juga udah janjian (tuh kan, bukannya pasukan pencari nasi atau makan gratis, tapi memang niatnya buat silaturahmii, ya gaak?). “sesungguhnya segala perbuatan itu berawal dari niat, “bukan begitu??” ujar Abiee ke Ecep yang dari setadi Abiee udah kelaperan. Om melangkah pulang dengan ditemani rintik hujan yang mebasahi wajahnya yang agak baby pace itu, dengan langkah yang pasti, dengan langkah yang senang gembira dia pulang dengan membawa sejumlah rupiah keuntungan jualan hari ini “Awas ajjah kalo lama tuh anak“ Abiee berkata pada Ecep dan kemudian mereka meneruskan perbincangan di dalam kost yang penuh berjuta cinta dengan kehangatan persahabatan di antara mereka.

Mereka, Abiee, Ecep dan juga Dede sambil menunggu Bapake dan Om sambil kemudian mengerjakan tugas Pengantar Studi Islam, Abiee langsung pada tugas, Ecep seperti biasanya yang suka banget sama film lagi asyik nonton filmnya, dan Dede yang sibuk buatin kopi mereka berdua karena memang cuaca yang dingin enaknya God Day dulu. Setelah jam 20.00 WIB Bapake datang, dia terlihat dengan wajah yang laper dan juga kebasahan karena memang hujan masih juga belum berhenti meskipun hujan Cuma gerimis (Gerimis juga kalau keroyokan gimana mas broo!! basah-basah juga). Jelang sejam kemudian Om datang juga “Kalo dia enggak datang pasti gue tinju“ Abiee berkata karena memang acara ini adalah idenya si Om. Malam itu semua terlihat jelas apa itu arti sahabat, apa itu pertemanan, mereka masak bersama dan enggak heran kalo Om sama Abiee ikutan masak juga sama Dede (Abiee dan Om memang jago masak). Ecep nyiapin buat masakan kalau sudah masak, dan Bapake yang so sibuk lagi masak nasi dan gara-gara dia juga nasinya kurang mateng (beras banyak, dikasih air sedikit….haha). Di kamar kost yang agak sempit, karena memang mereka berlima dan ditambah lagi dengan Vivi (temannya Dede) mulai menyantap masakan yang mereka buat sendiri, “Mantaap! ujar Abiee, “Kenapa lu biee“ Dede berkata, “Haha, ini nasi siapa yang masak? kata Abiee, “si Bpake“ Om ikutan ngomong juga ssambil makan enggak karuan di mulut masih banyak juga, “Haha enak, nasinya kurang mateng“ yang lain cuma senyum sambil nerusin makan malam mereka. Indahnya persahabatan takkan dapat dibeli dengan senjumlah uang, malam ini anak Ajak-Ujug rencana mau meningnap di tempat Om dan akan mengerjakan tugas Basic Structure, malam itu penuh semangat yang hangat yang menemani hati mereka.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Diyon Prayudi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -